Presiden FIFA: Lebih Banyak Negara Bisa Meraih Mimpi

165

EFEKGILA.COM –  Keputusan FIFA tentang format jumlah peserta Piala Dunia 2026 diikuti 48 tim dinilai akan memberikan dampak positif bagi banyak negara untuk meraih mimpinya tampil di ajang bergengsi tersebut.

Dengn format tersebut  maka akan lebih banyak negara “bermimpi” untuk lolos ke Piala Dunia yang digelar sekali setiap empat tahun itu. Demikian dikatakan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Presiden FIFA Gianni Infantino.
Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Kita harus membentuk Piala Dunia abad ke-21… sepak bola bukan sekadar Eropa dan Amerika Selatan,” kata Infantino kepada wartawan. Dengan format baru ini, “lebih banyak negara akan memiliki kesempatan untuk bermimpi.”

Mulai 2026 Piala Dunia akan dibagi ke dalam 16 grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim peserta. Turnamen tersebut nanti juga akan dimainkan dalam kurun waktu yang sama saat masih menggunakan format 32 tim.

Infantino menekankan ini penting karena ada keengganan untuk memperpanjang turnamen. “Format baru ini “membawa manfaat tanpa sisi negatif,” kata pra berkebangsaan Italia itu.
“Setiap pertandingan akan menentukan,” lanjut Infantino.

Sebelumnya Badan Sepakbola Internasional FIFA, Selasa (10/1) telah mengambil keputusan bahwa, “Dewan FIFA secara mutlak memutuskan Piala Dunia berisi 48 tim pada 2026: 16 grup berisi tiga tim. Detail-detailnya akan ditindak lanjuti setelah pertemuan,” kata FIFA melalui akun Twitternya.

Mengutip Reuters, Infantino telah menjadikan penambahan jumlah tim Piala Dunia sebagai salah satu janjinya saat berkampanye. Ia awalnya mengindikasikan bahwa turnamen berisi 40 tim, namun kemudian menambahi delapan tim secara keseluruhan pada Oktober.

FIFA menepis kekhawatiran penambahan jumlah peserta akan menurunkan standar turnamen, dan membuatnya terlalu panjang dan merepotkan.(KS)

SHARE