Video: Begini Aksi Penembakkan Duta Besar Rusia di Turki

435

EFEKGILA.COM –  Insiden pembunuhan terhadap duta besar Rusia untuk Turki, Andrei Karlov dilakukan seorang yang disebut-sebuit sebagai anggota kepolisian anti hura-hara Turki, Senin (19/12).

Penembak berpakaian rapi dengan jas hitam dan dasi bernama  Mevlut Mert Altintas itu terlihat berdiri di belakang Karlov yang akan memberikan sambutan pada sebuah acara pameran di Ankara,

“Dia mengambil pistol dan menembak duta besar itu dari belakang. Kami melihatnya terbaring di lantai dan kemudian kami berlari keluar,” kata seorang saksi di tempat kejadian.

Saksi lainnya mengatakan tembakan terdengar untuk beberapa saat setelah serangan tersebut.

Dalam video penembakan yang beredar terlihat bagaimana tindakan Altintas saat menembak Karlov dari jarak dekat yang membuat duta besar itu langsung terkapar. Video juga menunjukkan penembak berteriak, “Jangan lupakan Aleppo. Jangan lupakan Suriah!”

Seperti dilansir Antaranews, Reuters melaporkan saat jeritan terdengar, pria bersenjata itu kemudian terlihat mondar-mandir dan berteriak sambil memegang pistol di satu tangan dan melambaikan tangan lain di udara.

Rusia dan Turki terlibat dalam perang di Suriah, yang berbatasan dengan Turki. Turki menjadi penentang keras Presiden Surian Bashar al-Assad, sementara Rusia mengerahkan tentara dan angkatan udaranya mendukung pemimpin Suriah tersebut.

Rusia adalah sekutu dekat  Assad dan serangan udaranya berperan dalam membantu pasukan Suriah mengakhiri perlawanan pemberontak pada pekan lalu di kota utara, Aleppo. Kantor berita Anadolu menyatakan pria bersenjata tersebut dilumpuhkan segera setelah serangan itu.

Seperti apa aksi penembakkan tersebut, simak videonya! (KS)

SHARE