Apa Itu Asuransi dan Apa Saja Jenisnya?
Apa Itu Asuransi dan Apa Saja Jenisnya?(Sumber Gambar : harapanrakyat.com)

Apa Itu Asuransi dan Apa Saja Jenisnya?

EFEKGILA – Apa itu asuransi? Asuransi sepertinya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, tetapi bagi orang awam mungkin tidak mengetahuinya. Sehingga merasa bingung ketika ada agen yang menawarkan asuransi.

Asuransi juga biasanya diberikan perusahaan kepada para pekerjanya. Nah, jenis asuransi seperti ini adalah asuransi kesehatan. Jadi, ketika karyawan sakit biaya pengobatannya akan ditanggung oleh perusahaan. 

Selain asuransi kesehatan, masih ada beberapa jenis lainnya dari asuransi. Dalam artikel ini akan dijelaskan mulai dari Definisi, jenis, hingga manfaat dari asuransi itu sendiri.

Memahami Definisi Asuransi

Jika ditanya apa itu asuransi? Jawabannya sebetulnya sederhana, yaitu perjanjian antara dua belah pihak yang merupakan tertanggung dan penanggung. Pihak tertanggung atau nasabah akan dibebankan kewajiban untuk membayar iuran asuransi.

Pembayaran diberikan kepada pihak penanggung yang merupakan perusahaan asuransi. Lalu, apa tujuan dari perjanjian tersebut? Tujuannya yaitu adalah untuk memberikan jaminan kepada pihak tertanggung. 

Jaminan ini tergantung dari asuransi yang diambil, ketika nasabah mengambil asuransi kesehatan maka yang akan diberikan perusahaan asuransi yaitu jaminan kesehatan. Dalam perjanjian tersebut juga terdapat syarat dan ketentuan.

Tujuannya untuk memberitahu nasabah bagaimana cara mengklaim asuransi. Sementara itu, perusahaan juga wajib memenuhi asuransi yang dijanjikan kepada nasabah sesuai dengan prinsip asuransi yang disepakati.

Jenis-jenis Asuransi

Ada banyak pilihan asuransi yang bisa diambil. Hal ini juga penting diketahui agar nasabah tidak salah mengambil dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, ketahui jenis-jenis asuransi berikut ini:

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada nasabah sesuai dengan premi yang dipilih. Perusahaan asuransi  menawarkan beberapa pilihan premi sesuai dengan kemampuan membayar nasabah.

Manfaat asuransi kesehatan tentu saja untuk membantu nasabah membayar biaya kesehatan seperti biaya rawat inap, biaya pengobatan, operasi dan lain sebagainya. Asuransi kesehatan merupakan jenis yang paling banyak peminatnya.

Wajar saja, sebab setiap orang pasti berisiko terkena penyakit. Jadi, bagi yang ingin mendapatkan keringanan biaya pengobatan ketika sakit sebaiknya memilih asuransi kesehatan.

2. Asuransi Pendidikan 

Asuransi pendidikan memberikan jaminan pendidikan sehingga meringankan orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Asuransi pendidikan juga menjadi modal bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dari anak yang didaftarkan asuransi.

Meskipun pihak yang akan menerima jaminan asuransi adalah anak tetapi kewajiban untuk membayar biaya premi adalah orang tua atau pemegang polis. Asuransi pendidikan juga tentunya berbeda dengan tabungan pendidikan.

Tabungan pendidikan hanya menyediakan sarana untuk menyimpan dana pendidikan anak. Sementara itu, pendidikan mewajibkan nasabah untuk membayar premi sehingga anak akan mendapatkan jaminan pendidikan.

3. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan melindungi nasabah dari risiko besarnya biaya pemulihan kesehatan akibat kecelakaan. Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan juga akan membantu meringankan biaya pengobatan bagi nasabah yang mengalami kecelakaan.

Asuransi kecelakaan biasanya ditawarkan kepada nasabah yang memiliki kendaraan. Selain mengambil asuransi kendaraan, nasabah juga sebaiknya mengambil asuransi kecelakaan agar tidak mengalami kesulitan finansial dalam memenuhi biaya pengobatan.

4. Asuransi Rumah

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer sehingga keamanannya perlu dijaga. Asuransi rumah diperlukan untuk menghindari risiko finansial akibat kerusakan pada rumah akibat bencana alam, kebakaran, dan kecelakaan akibat manusia.

Rumah yang berada di lokasi rawan bencana sebaiknya diberikan perlindungan finansial dengan mengikuti asuransi. Demikian penjelasan mengenai apa itu asuransi dan jenis-jenisnya. Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan dan prioritas yang berbeda, oleh karena itu pilihlah asuransi yang paling sesuai untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *