Jogja Bay, Wahana Air Bertema Bajak Laut
Jogja Bay Wahana Air (Source Image : anekawisata.com)

Jogja Bay, Wahana Air Bertema Bajak Laut

EFEKGILABERLIBUR ke Yogyakarta semakin lengkap dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan telah hadirnya obyek wisata air bernama Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark atau biasa disebut Jogja Bay. Telah diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 20 Desember 2015, Jogja Bay diklaim sebagai wahana air terbesar dan terlengkap di Indonesia. Pecinta wisata air, tentunya tidak lengkap jika belum berkunjung kesini.

Jogja Bay berada di desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya persis di sebelah utara stadion Maguwoharjo. Jadi sangat mudah untuk menemukan lokasi Jogja Bay. Untuk memanjakan pengunjung, pihak pengelola dalam hal ini PT Taman Wisata Jogja (TWJ) telah menyiapkan 19 wahana permainan air yang siap menghibur pengunjung dengan berbagai pengalaman wisata air yang seru.

“Jogja Bay berdiri di atas lahan seluas 7,7 hektar. Namun hanya 5 hektar lahan yang digunakan untuk pembangunan wahana air tersebut. Selebihnya 2,7 hektar digunakan untuk lahan parkir dan kios-kios kerajinan, serta taman,” terang Marketing Jogja Bay, Lusiana Dewi saat ditemui Bakhtiar Majid dari Efekgila.com.

Jogja Bay sendiri mengusung tema bajak laut dalam wahana permainan airnya. Konsep ini sebenarnya telah lebih dulu digunakan oleh waterboom di Bali dan waterpark di Orlando, Amerika Serikat. Namun ada yang membedakan Jogja Bay dengan beberapa wahana permainan air lainnya, yaitu dengan adanya amphi theater yang menjadi arena panggung pertunjukan.

“Kami ada theater show bernama Harbour Theater yang menampilkan pertunjukan tentang cerita bajak laut dan kerajaan di Jawa. Theater show ini bisa menampung 700 orang dan hadir setiap hari pukul 16.00 sore,” lanjut Lusi.

Ombak Tsunami


Dari 19 wahana permainan yang disediakan, ada satu wahana air yang menjadi favorit pengunjung, yaitu Ombak Tsunami. Dalam wahana tersebut akan menggambarkan keberadaan tsunami yang ganas. Disini pengunjung akan bisa merasakan betapa derasnya ombak bagaikan tertelan tsunami. Membahayakan? Justru tidak sama sekali. Karena wahana Ombak Tsunami ini bisa menjadi sarana edukasi pengunjung bila menghadapi terjangan tsunami.

Baca Juga  Perjuangan Tak Kenal Lelah Relawan YMP Membangun “Skola Lipu”

“Wahana yang paling diminati adalah ombak tsunami. Sebenarnya kami menyebutnya south beach. Kami juga akan menggandeng Badan SAR untuk menjadi instruktur bagi pengunjung dalam wahana ini. Pengunjung juga tidak perlu takut dan khawatir karena semua wahana kami aman dan telah teruji. Di setiap wahana juga sudah kami tempatkan dua lifeguard atau penjaga agar pengunjung merasa aman,” lanjutnya.

Pengunjung Jogja Bay juga tidak perlu repot untuk mencari makanan di luar wahana permainan, karena Jogja Bay juga telah menyediakan tiga resto yang siap melayani pengunjung disela-sela menikmati wisata air. Sejak dibuka pada 20 Desember lalu, Jogja Bay rata-rata berhasil meraih 9.000 pengunjung per hari.

Jogja Bay buka setiap hari dari pukul 9-17 WIB, namun pemesanan tiket hanya dilayani sampai jam 16.00 WIB saja. Dengan semua keseruan yang ada, tiket Jogja Bay tidak terlalu mahal. Untuk anak-anak dipatok Rp 60 ribu, sementara dewasa Rp9 0 ribu per orang.

“Kami juga menjual merchandise bertema bajak laut di bangunan kapal lantai bawah,” pungkas Lusi. (BM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *